You are here

Internet industri

Di Konecranes, visi kami adalah menciptakan mesin pintar yang mengenali kondisinya, dan menghubungkan mesin-mesin tersebut dalam jaringan untuk menciptakan visibilitas real-time demi peningkatan keselamatan dan produktivitas.

Revolusi industri keempat: internet industri

Pusat dari Internet Industri adalah serangkaian sensor yang bekerja sama dalam mengumpulkan dan menganalisis data untuk tujuan spesifik. Dengan pengoperasian seperti ini, internet mampu memberikan efisiensi yang dahulu tidak terbayangkan.

Sepanjang sebagian besar sejarah manusia, produktivitas menunjukkan peningkatan sangat kecil dan perbaikan standar kehidupan juga sangat lambat. Revolusi industri dimulai sekitar 200 tahun yang lalu dengan diperkenalkannya produksi mesin. Tenaga otot, baik dari manusia maupun binatang, digantikan oleh tenaga mesin. Revolusi industri kedua dimulai pada tahun 1870, ketika sabuk konveyor pertama dioperasikan di pabrik pemrosesan daging di Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat, yang memperkenalkan produksi massal distribusi kerja dengan bantuan listrik. Otomatisasi proses produksi dimulai pada pertengahan tahun 1970-an, dan sekarang dunia memasuki era baru dengan munculnya Internet Industri. Beberapa orang memandang hal ini sebagai revolusi industri keempat atau Industri 4.0.

Internet Industri merujuk pada integrasi mesin dengan sensor dan perangkat lunak yang terhubung ke jaringan. Internet tidak hanya melibatkan transformasi industri global secara keseluruhan, tetapi juga memengaruhi banyak aspek kehidupan sehari-hari, termasuk cara kerja sebagian besar dari kita. Internet Industri akan membawa kecepatan dan efisiensi yang lebih besar pada berbagai industri, seperti penerbangan, transportasi kereta, tenaga listrik, minyak dan gas, serta layanan kesehatan. Internet Industri bahkan menjanjikan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, pekerjaan yang lebih banyak dan lebih berkualitas, dan peningkatan standar kehidupan, tanpa memandang lokasi geografis.

Tiga Dimensi dari Internet Industri

Internet Industri mengombinasikan peningkatan dari dua revolusi sebelumnya: Mesin, fasilitas, armada, dan jaringan yang lahir dari revolusi industri, serta inovasi dalam sistem komputasi, informasi, dan komunikasi yang diperkenalkan oleh revolusi internet yang jauh lebih baru.

Tiga elemen menjadi inti dari Internet Industri
Mesin pintar: Dalam bentuk cara baru menghubungkan mesin, fasilitas, armada, dan jaringan melalui sensor, kontrol, dan aplikasi perangkat lunak yang canggih.
Analitik lanjutan: memanfaatkan berbagai hal seperti keunggulan analitik, algoritme prediksi, otomatisasi, serta keahlian khusus dalam ilmu material dan teknik elektro untuk memahami cara kerja mesin dan sistem yang lebih besar.
Sumber daya manusia: menghubungkan banyak orang di mana pun mereka berada—di fasilitas industri, kantor, rumah sakit, atau di perjalanan setiap saat untuk mendorong desain, pengoperasian, dan perawatan yang lebih pintar serta menghasilkan layanan yang berkualitas lebih tinggi dan lebih aman.

Menautkan perangkat pintar, fasilitas, armada, dan jaringan dengan banyak orang di tempat kerja dan di perjalanan, akan membuka peluang baru dalam proses optimalisasi serta potensi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Selain itu, hal ini akan mengubah keseimbangan persaingan dan mendorong industri lainnya untuk menyesuaikan diri dengan cepat, jika ingin bertahan. Kecepatan proses ini akan bervariasi untuk tiap industri, tetapi efeknya akan meluas dalam ekonomi seiring meningkatnya penggunaan.

Internet Industri Saat Ini - forum online tentang tren perubahan dunia penanganan material dalam internet industri.