You are here

Daftar Istilah Crane

pengereman kondisi pengoperasian tidak biasa, mekanis

kondisi pengoperasian tidak biasa:  kondisi lingkungan yang mengganggu, berbahaya, atau merugikan untuk pengoperasian crane, misalnya: uap korosif, pemaparan terhadap cuaca buruk,  suhu yang sangat rendah atau tinggi, lokasi pengangkatan yang berbahaya, serta atmosfer yang penuh debu dan udara lembab.

(overhead crane) boom: komponen horizontal yang digunakan untuk mendukung proses pengangkatan dan penurunan beban pada titik selain yang langsung di bawah drum hoist atau troli, komponen ini dipasang pada troli.

(crane gantri) boom: ekstensi landasan troli yang sering digunakan untuk memberikan kelonggaran pada perpindahan gantri dengan cara ditarik kembali atau diangkat.

otoritas administratif atau berwenang: perusahaan bila berada di luar wilayah hukum pemerintah atau lembaga pemerintah bila berada di dalam wilayah hukum pemerintah.

rem: perangkat bukan motor yang menggunakan alat daya atau gesek untuk menghentikan atau menjeda gerakan

rem, hidraulik: menggunakan proses perpindahan zat cair, metode ini mengontrol atau mengurangi kecepatan.

rem, kontratorsi (penyambungan): membalik urutan fase atau polaritas tegangan lini motor untuk menghasilkan torsi ke arah yang berlawanan dari rotasi motor, metode ini mengontrol kecepatan.

rem, cengkeraman: digunakan untuk hoist, rem gesek yang  diterapkan secara otomatis dan mencegah gerakan bila daya rem tidak aktif.

rem, beban mekanis: rem gesek otomatis untuk mengontrol beban saat diturunkan. Meskipun memerlukan torsi dari motor untuk menurunkan beban, namun perangkat satu arah ini tidak memberikan beban tambahan pada motor sewaktu mengangkat beban.

rem, dinamis: membuat motor berfungsi sebagai generator, dengan energi dilepas pada resistor, metode ini mengontrol kecepatan.

alat rem: perangkat atau metode yang menggunakan alat, baik dengan daya maupun gesek untuk menahan atau menghentikan gerakan.

rem, arus pusar: menggunakan rem beban induksi listrik, metode ini mengurangi atau mengontrol kecepatan.

rem, kontrol: mengalirkan energi ke arah yang berlawanan atau melepaskan energi dari unit yang bergerak, metode ini mengontrol kecepatan.

ditunjuk: bila perwakilan perusahaan atau perusahaan memberikan tanggung jawab kepada staf perorangan. disahkan: bila otoritas berwenang atau otoritas administratif yang berwenang menunjuk staf perorangan.

hoist tambahan: unit cadangan yang digunakan untuk mengangkat dengan kecepatan lebih tinggi, serta dalam sebagian besar kondisi, nilai beban lebih rendah dibandingkan dengan hoist primer.

rem, darurat: bila daya tidak tersedia, metode ini digunakan untuk memperlambat penggerak. Sebagai hasil tindakan operator, atau pada sebagian besar kondisi terjadi secara otomatis bila daya yang mengalir ke penggerak terputus, upaya pengereman akan dilaksanakan.

rem, mekanis: metode yang menggunakan gaya gesek untuk mengontrol atau mengurangi kecepatan.