You are here

GIRDER, ANJUNGAN - JALUR PEMBAWA

GIRDER, BRIDGE - Gandar horizontal utama pada crane, yang menyangga troli, didukung oleh end truck dan berada tegak lurus terhadap landasan.

GIRDER, PENGGERAK (GIRDER "A"/”G1”) - Girder bridge yang digunakan untuk memasang motor bridge dan kotak gear. Untuk crane yang dilengkapi penggerak di setiap girder, ini adalah girder yang digunakan untuk memasang panel kontrol dan/atau cab.

GIRDER, IDLER (GIRDER "B”/”G2”) - Girder anjungan yang tidak dilengkapi penggerak anjungan, namun biasanya memiliki konduktor anjungan.

GIRDER, LANDASAN - Gandar horizontal yang dipasang pada pilar bangunan. GIRDER, Tambahan (OUTRIGGER)- Girder tambahan, baik padat maupun berkisi, disusun sejajar terhadap girder anjungan untuk menyangga footwalk, panel kontrol, cab operator, dsb. agar dapat meminimalkan gaya torsi yang dihasilkan oleh beban.

HOIST, TAMBAHAN - Unit hoist tambahan yang biasanya dirancang untuk menangani beban lebih ringan dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan hoist utama.

HOIST, UTAMA - Mekanisme hoist primer yang berfungsi untuk mengangkat dan menurunkan beban terukur pada crane.

METODE KAIT, UJUNG - Jarak horizontal minimum yang sejajar dengan landasan dan berada di antara bagian tengah kait dan bagian depan dinding (atau pilar) di bangunan bagian belakang.

METODE KAIT, SAMPING - Jarak horizontal minimum yang tegak lurus dengan landasan dan berada di antara bagian tengah kait (utama atau bantu) dan bagian tengah rel landasan.

INCH (INCHING) - Lihat "jog". Sering digunakan secara keliru untuk mengacu pada "kecepatan rambat".

JOG (INCH) - Untuk memindahkan kait, troli, atau anjungan secara perlahan dan bertahap berdasarkan pengoperasian kontroler untuk sesaat.

UJUNG KIRI - Acuan untuk komponen atau dimensi di sebelah kiri pengamat dari bagian tengah rentang, yang ditetapkan saat menghadap sisi girder penggerak pada crane.

PENGANGKATAN (PERPINDAHAN KAIT) - Jarak vertikal maksimum yang dapat dilalui kait seperti ditetapkan oleh panjang tali dan/atau jumlah groove pada drum.

SAKELAR BATAS - Perangkat listrik yang dioperasikan berdasarkan gerakan anjungan, troli, atau hoist untuk memutuskan sambungan sirkuit, membuat sirkuit baru, atau memberikan peringatan.

BEBAN, MATI - Beban pada bagian crane yang berada di posisi tetap relatif terhadap komponen yang dipertimbangkan.

BEBAN, HIDUP - Beban yang berpindah atau berubah relatif terhadap komponen yang dipertimbangkan. Untuk troli, beban hidup mencakup beban terukur ditambah bobot blok. Untuk anjungan, beban hidup mencakup beban terukur ditambah bobot troli.

BEBAN, TERUKUR - Beban vertikal statis maksimum yang mempengaruhi pembuatan desain crane atau hoist terpisah.

PENGAPUNG BEBAN - Sistem kontrol yang mendukung operasi tanpa tahapan pada katrol, baik dalam arah naik maupun turun pada rentang sekitar 04% dari kecepatan terukur sepenuhnya, serta memungkinkan beban disuspensi dalam posisi diam untuk waktu yang sangat singkat dengan rem penahan dilepaskan.

SAKELAR MASTER- Perangkat yang dioperasikan secara manual dan berfungsi untuk mengelola operasi kontaktor dan/atau perangkat bantu pada kontrol listrik.

JALUR PEMBAWA - Komponen horizontal yang dipasang di sepanjang pegangan atau girder untuk menyangga alat pembawa bergerak yang dilengkapi kawat ornamen. Kawat ornamen tersebut dapat digunakan untuk mentransmisi arus dari anjungan ke troli atau dari anjungan ke unit kontrol ornamen.