You are here

POROS, TETAP DINAMIS

POROS, TETAP - Shaft yang dipasang di end truck dan merupakan tempat roda berputar.

POROS, BERPUTAR - Shaft yang dipasang di roda dan yang berputar pada bantalan yang dipasang di end truck.

USIA BANTALAN - Usia B-10 bantalan antigesek adalah perkiraan usia minimum dalam jam dari 90% kelompok bantalan yang dioperasikan dengan kecepatan dan beban tertentu.

BANTALAN, PELUMASAN JANGKA PANJANG - Bantalan antigesek yang dilengkapi seal dan pelumas antioksidasi stabilitas tinggi untuk mempermudah pengoperasian bantalan tanpa pelumasan ulang selama tidak kurang dari usia B-10 yang ditetapkan.

BLOK, BEBAN - Rakitan kait, swivel, bantalan, sheave, pin, dan rangka yang disuspensi dari tali hoist. Pada blok "jenis pendek", kait dan sheave dipasang di komponen yang sama, yakni swivel. Pada blok "jenis panjang", kait dan sheave dipasang di komponen terpisah. (Komponen penyangga untuk sheave disebut pin sheave dan komponen penyangga untuk kait disebut trunnion.)

BLOK, ATAS - Rakitan tetap sheave, bantalan, pin, dan rangka yang terletak pada komponen palang troli dan yang menyangga blok sekaligus beban blok menggunakan tali.

BOGIE - End truck pendek yang dipasang di ujung salah satu girder (atau di komponen penghubung jika beberapa bogie digunakan pada satu girder). Jenis end truck ini digunakan bila lebih dari empat roda diperlukan pada crane agar sesuai dengan desain landasan.

BOGIE, PENYAMAAN - End truck pendek yang tersambung secara fleksibel ke satu girder (atau komponen penghubung) menggunakan pin agar truk dapat berosilasi untuk menyeimbangkan beban pada kedua roda truk. Konstruksi ini menggunakan end tie yang sangat kaku di antara girder.

BOGIE, TETAP - End truck pendek yang tersambung dengan kaku ke satu girder. End tie fleksibel digunakan di antara girder untuk memudahkan penyamaan beban roda oleh defleksi torsi girder dan kelenturan end tie.

REM, ARUS PUSAR - Perangkat untuk mengontrol kecepatan beban sesuai arah naik atau turun dengan menempatkan beban tambahan pada motor. Beban ini berasal dari interaksi medan magnet yang dihasilkan oleh arus searah yang dapat disesuaikan pada koil stator dan arus induksi pada rotor.

REM, PARKIR - Rem gesek untuk anjungan atau troli, yang diterapkan secara otomatis bila daya yang mengalir ke crane terputus.
CAMBER- Kurva vertikal kecil naik pada girder untuk mengimbangi sebagian defleksi akibat beban terukur dan bobot komponen crane.

KELONGGARAN - Jarak minimum dari komponen apa pun pada crane ke titik penghalang terdekat.

SISTEM REM KONTROL - Metode kontrol penurunan kecepatan beban dengan melepaskan energi dari beban bergerak atau mengalirkan energi ke arah yang berlawanan.

KONTRATORSI - Metode kontrol di mana daya ke motor dibalik untuk membangun torsi ke arah yang berlawanan terhadap rotasi motor.

DINAMIS - Metode kontrol kecepatan menggunakan motor sebagai generator, dengan energi yang mengalami disipasi pada resistor.